Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Banyuwangi Kelas I A

Jl.Adi Sucipto No. 26 Banyuwangi Telp/Fax : (0333) 424800, Delegasi : perdatapnbyw@gmail.com

Bimbingan Teknis Sub Bagian Umum dan Keuangan

Bimbingan Teknis Sub Bagian Umum dan Keuangan

Sekretaris Pengadilan Negeri Banyuwangi – Ibu Linda Kusumawati, SH beserta Plt. Kasubbag Umum dan Keuangan – Ibu Adriani Whike Tjahjowati, SH dan Bendahara Pengeluaran – Ibu Citra Tunggadewi, S.Psi mengikuti Bimbingan Teknis Sub Bagian Umum dan Keuangan di Hotel Grand Dafam Surabaya pada hari Senin s/d Rabu tanggal 14 November -16 November 2022 yang diselenggarakan oleh Pengadilan Tinggi Surabaya.

Bimtek ini bertujuan untuk membentuk Tim Penerap PIPK dan Tim Penilai PIPK. PIPK adalah Pengendalian Intern atas Pelaporan Keuangan. Setelah tim terbentuk, setiap Satuan Kerja di Mahkamah Agung wajib membuat Laporan PIPK dengan formulir yang telah ditentukan oleh Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) berdasarkan 17-PMK.09/2019. Formulir Penerap PIPK dan Formulir Penilai PIPK berisi tentang risiko utama dan pengendaliannya di Akun Persediaan dan Akun Pemeliharaan Gedung dan Bangunan. Temuan atas penilaian PIPK diharapkan menjadi evaluasi Satker, sehingga ketika Badan Pemeriksa Keuangan memeriksa keuangan di Satker bisa meminimalisasi temuan di bidang keuangan.


Acara ini dibuka oleh Bapak Sekretaris Pengadilan Tinggi Surabaya – Bapak Respationo Wage Suwardi, SH., MM. Narasumber Bimtek ini adalah Biro Keuangan Mahkamah Agung RI, Biro Perlengkapan Mahkamah Agung, dan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Keuangan. Setelah penjelasan teori kemudian dilanjutkan dengan praktik membuat dan mengisi Formulir Penerap PIPK dan Formulir Penilai PIPK serta ada sesi FGD dan tanya jawab.

Setelah kegiatan bimtek umum dan keuangan ini selesai, diharapkan masing-masing satker mampu membuat Laporan PIPK yang harus dikumpulkan pada tanggal 30 November 2022 ke Biro Keuangan MA RI melalui Pengadilan Tinggi Surabaya.