Are you a member? sign in or take a minute to sign up

Cancel
logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Banyuwangi Kelas I A

Jl.Adi Sucipto No. 26 Banyuwangi Telp/Fax : (0333) 424800, Delegasi : perdatapnbyw@gmail.com

Latihan menembak eksekutif bersama Forkopimda Banyuwangi

Latihan menembak eksekutif bersama Forkopimda Banyuwangi

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi selaku penyelenggara, menggelar latihan menembak eksekutif bersama Forkopimda Banyuwangi, di Lapangan Tembak Perbakin Dusun Sumberjoyo Desa Kumendung Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi pada hari Selasa, 13 Juni 2023 yang diikuti oleh Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi – Bapak H. Moehammad Pandji Santoso, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua PN Banyuwangi beserta para hakim Pengadilan Negeri Banyuwangi dalam rangka memperkuat silahturahmi dan peningkatan sinergitas antara Aparat Penegak Hukum( Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri, Kepolisian di Kabupaten Banyuwangi ) bersama TNI AL khususnya.
Dalam Acara ini juga diajarkan mengenai nilai-nilai bela negara serta memberikan keterampilan dasar dalam menggunakan senjata yang bertujuan untuk melindungi bangsa dan negara. Diharapkan dengan adanya latihan menembak ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme, patriotisme serta tanggung jawab dalam bela negara para aparat penegak hukum khususnya di Kabupaten Banyuwangi.
Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R, dalam sambutannya mengatakan, “selaku Danlanal Banyuwangi, kami mengucapkan terima kasih kepada semua Forkopimda yang telah hadir di kegiatan latihan menembak eksekutif ini. Tujuan kegiatan menembak ini adalah untuk mempererat sinergitas dan mengenal lebih dekat satu sama yang lain. Pada kegiatan menembak ini sengaja kita datangkan pelatih dari Sekopaska untuk melatih dan memberikan teknik menembak dasar kepada yang belum pernah menggunakan senjata dan juga akan disampaikan Standar Operasional Prosedur (SOP) saat pelaksanaan menembak nanti.”
Sebelum pelaksanaan latihan, para undangan diberikan pengenalan senjata dan cara menembak yang benar oleh pelatih Peltu Mar Ali Wahyudi dan Serka Pdk Choirul Huda dari Sekopaska Pusdiksus Kodikopsla Kodiklatal.
Pelaksanaan latihan menembak eksekutif tersebut menggunakan senjata laras panjang jenis SS-2 dengan jarak tembak 100 meter sedangkan senjata laras pendek jenis pistol Sig Sauer, SF Combat, Senjata Pertempuran Jarak Dekat (PJD) Scorpion dan MP5 Navy dengan jarak tembak 25 meter.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Banyuwangi Kombespol Deddy Foury Millewa, Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan, Kadispora Banyuwangi Abdul Aziz Hamidi mewakili Bupati Banyuwangi, Dansekopaska Letkol Laut (P) Wido Dwi Nugraha, Ketua Pengadilan Negeri Banyuwangi Moehammad Pandji Santoso, Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka Darmawan dan Kasatpol Airud Polresta Banyuwangi Kompol Masyhur Ade serta unsur maritim yang ada di Banyuwangi.
“Apa pun yang dilakukan oleh seseorang itu, hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya, dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya” – Ki Hajar Dewantara